Senin, 18 Juni 2012

Menjaga Profesionalisme Jurnalis


Profesionalisme jurnalis di era kebebasan pers seperti saat ini merupakan bahasan yang sangat menarik. Saat ini, berbagai media baru bermunculan untuk memenuhi kebutuhan khalayak akan sebuah informasi.
Keberagaman media ini sangat membutuhkan keprofesionalan dari para jurnalis agar bisa menghasilkan berita yang benar-benar berkualitas. Profesionalisme benar-benar merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dari sebuah media.
Untuk menjaga keprofesionalan, banyak jalan yang bisa dilakukan media massa. Antara lain melalui internal atau dari wartawan itu sendiri, maupun perusahaan media yang memperkerjakannya.
Untuk meningkatkan mutu dirinya, wartawan tak boleh berhenti belajar, terutama tentang hal-hal baru. Beberapa indikator yang digunakan untuk mengukur profesionalisme ini antara lain dengan kualitas SDM, mentalitas, serta idealisme.
Cara lain untuk meningkatkan profesionalisme adalah dengan memberlakukan rolling bidang terhadap para jurnalis. Dengan metode ini, jurnalis dituntut untuk menguasai berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, hukum dan kriminal, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menghindari para jurnalis hanya ahli di satu bidang, namun kurang menguasai bidang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar