Kamis, 29 Desember 2011

Diet dengan Air Putih



Diet merupakan metode yang digunakan untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya untuk menjaga penampilan, diet juga diperlukan untuk menjaga berat badan agar terhindar dari obesitas. Seseorang kerap terobsesi dengan diet yang mudah dan cepat, hal ini tidaklah baik karena metode yang digunakan bisa jadi salah bahkan mengancam kesehatan.

Meminum air putih merupakan salah satu metode diet yang sehat dan efektif. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

segelas air putih



Air putih bersifat menghilangkan kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urin. Semakin sering minum air putih dapat mengurangi porsi makan karena perut sudah terisi. Lagi pula air putih tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak yang dapat menaikkan berat badan.

Sebelum makan dengan porsi yang sederhana, minumlah air putih sebanyak 1-2 gelas, setelah makan juga dianjurkan minum air putih. Air putih berperan penting dalam pembakaran kalri dalam tubuh, dengan mengubah makanan dengan energi. Jadi jika tidak minum cukup air putih, dapat dipastikan tubuh tidak membakar kalori dengan baik.

Dalam sehari dianjurkan minum air putih 2 liter atau setara dengan 8 gelas yang dilakukan secara bertahap. Sebaiknya jangan minum secara berlebihan karena akan mengganggu kerja jantung dan ginjal. Air yang berlebihan akan menaikkan volume darah sehingga memaksa jantung untuk memompa lebih cepat. Sedangkan ginjal didesak untuk mengeluarkan cairan lebih cepat. Akibatkan kita akan sering bolak-balik ke toilet.

Minumlah air secara bertahap 1-2 gelas setiap kali, jangan sekaligus 2 liter. Karena manfaat air akan terasa jika diminum secara bertahap.



Sholakhiyyatul Khizana
D2C009066


Sumber gambar:  http://aurapesona.com/kebaikan-air-mineral/4400/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar